JKT LDN NY

Friday, June 7, 2013

BELAJAR ANALISA GOLD CHART SEDERHANA (Part.2)

Setelah sekian lama ane membiarkan bro semua untuk belajar secara otodidak atas posting terdahulu Belajar Menganalisa Gold Chart Sederhana (Part.1). ane rasa masbro sudah mulai paham dengan peralatan tempur utama yang kita gunakan dalam memenangkan pertarungan di pasar forex. terbukti dengan tidak adanya pertanyaan pada materi pertama, atau malah pada bingung ??? hahaha....

Baiklah sekarang kita masuk ke materi selanjutnya, dimana kita telah mengetahui batas-batas dinamis pergerakan harga melalui bollinger bands (BB) dan moving average (MA). selanjutnya kita menyebutnya sesuai dengan singkatan dalam kurung yaitu BBMA. 

sebuah kondisi yang terjadi pada BBMA yang menjadi acuan, dikatakan; Flat/normal dan trending (weak, medium, strong) adalah mengacu pada awal dan posisi MA pengarah terhadap BBMA acuan. 

kondisi Flat yaitu ; dimana harga bergerak di dalam area normal sd-1 sampai sd+1 atau sebaliknya dan kondisi BBMA acuan terlihat datar

Kondisi Trending Strong ; dimana harga bermain diluar area normal dan diikuti  keluarnya MA pengarah dari sd-1/sd+1 BB acuan 


Kondisi Trending Medium ; dimana harga bermain di dalam area normal dan diikuti  crossing MA pengarah dengan MA acuan

Kondisi Trending Weak ; dimana harga bermain di dalam area normal dan diikuti  masuk/keluarnya MA pengarah dari sd-1/sd+1 BB acuan

kita pergunakan BB dan MA bulanan sebagai acuan besar. bagaimana kita bisa memperkirakan trend yang sedang terjadi pada time frame bulanan ? untuk mengetahui trend yang sedang atau akan terjadi pada TF bulanan kita harus menggunakan MA weekly sebagai pengarah, perhatikan gambar ;


BELAJAR ANALISA harga Emas SEDERHANA

pada gambar di atas yang menjadi acuan adalah BBMA bulanan (monthly) dan sebagai pengarah adalah MA mingguan (weekly).

1. perhatikan panah lime ; terlihat MA weekly keluar dari area normal sd+1 BB monthly dan harga juga bermain di luar area normal kondisi ini disebut Strong up trend.

2. perhatikan panah grey ; terlihat MA weekly masuk ke area normal sd+1 BB monthly dan harga mulai bermain di dalam area normal kondisi ini disebut weak down trend.

3. perhatikan panah orange ; terlihat MA weekly crossing ke bawah MA monthly dan harga juga bermain di bawah MA monthly kondisi ini disebut medium down trend.

4. perhatikan panah merah ; terlihat MA weekly keluar dari area normal sd-1 BB monthly dan harga juga bermain di luar area normal kondisi ini disebut Strong down trend.

yang perlu masbro sikapi dari fenomena ini adalah, bahwa harga akan senantiasa lebih dulu keluar atau masuk pada sebuah BB dan kemudian baru diikuti oleh MA pengarah, kenapa begitu?, karena MA fungsinya adalah menghitung pergerakan rata-rata yang telah terjadi dalam suatu waktu.

coba amati kembali gambar di bawah sebagai kelanjutan dari gambar pertama tadi. setelah harga mengalami strong down trend, perlahan harga berusaha memasuki area normal di atas sd-1 BB monthly, namun gagal dan harga kembali jatuh lebih dalam lagi. namun apa yang berbeda ? coba anda amati panah lime. terlihat MA weekly telah berhasil menembus sd-1 BB monthly dan berada di dalam area normal BB monthly. jadi meskipun harga jatuh lebih jauh namun MA weekly berhasil bertahan di dalam area normal artinya trend mulai berubah sehingga kembali terjadi weak up trend. dan selanjutnya medium down trend dengan crossingnya MA weekly dengan MA monthly ke atas.


BELAJAR ANALISA harga Emas

Setelah terjadi crossing, harga kembali jatuh menembus MA monthly namun masih di dalam area normal. dan MA weekly perlahan menjadi datar begitu juga dengan bentuk  BB monthly. nah kondisi inilah yang dinamakan Flat alias harga bolak balik antara sd+1, MA dan sd-1 BB monthly. perlu diingat juga MA bisa juga disebut sebagai balance.

pada kasus di atas kita menggunakan TF monthly sebagai acuan karena sebagai trader harian kita juga butuh sebuah bigmap sederhana dalam membaca kemungkinan trend. selanjutnya untuk menentukan kapan harus membuka posisi trading dan kapan harus menutupnya. masbro dapat mempergunakan acuan yang lebih kecil yaitu BBMA weekly dan sebagai pengarah MA daily. dan pesan saya untuk analisa jangan pergunakan BBMA acuan lebih kecil lagi dari Monthly dan weekly karena hasilnya akan semakin bias. 

Demikianlah materi belajar analisa chart gold sederhana part.2 ini, diharapkan masbro dapat membaca dan mempelajarinya dengan seksama. dan saya lebih suka ada yang bertanya sehingga saya tidak ngoceh sendiri dalam postingan ini. Insyaallah kalau ada kesempatan kita lanjutkan lagi materi berikutnya.

Selamat belajar dan bereksperimen. semoga sukses

2 komentar:

  1. artikel yang sangat bermnafaat dan bisa menjadi acuan untuk bisa dilatih dengan benar di octafx karena memang tersedia juga pair emas ini, dan tetap harus bisa dilatih dengan rutin agar profitable

    ReplyDelete
  2. Dapatkan $123 di dalam akun bonus FBS

    Bonus bisa dipakai untuk trading delama 7 hari kerja dari bonus masuk ke akun
    Profit Anda tidak terbatas
    Anda bisa dapat bonus tanpa butuh verifikasi dan notifikasi

    Tertarik.... ? Coba ikuti link ini

    Keuntungannya untuk FBS?

    Bonus 100% deposit untuk trading
    Promosi kontes tetap dan menguntungkan
    Komisi mitra yang paling besar: sampai $80 per lot
    Deposit dan penarika via sistem apapun dalam mata uang apapun
    Leverage 1:3000 ... Maknyus paling besar

    ReplyDelete