JKT LDN NY

Monday, April 15, 2013

Gold Trend Review ; Reversal or Decline

gold trend review
Bismillah...
Gold Trend Review ; Reversal or Decline.
kondisi pergerakan emas sebagai "safe haven" benar-benar sedang di uji, terlihat pada jumat kemarin, emas mengalami tekanan yang lumayan besar untuk pergerakan harga harian, lebih kurang sekitar $80.

hal ini tentu menimbulkan pertanyaan bagi investor emas batangan, apakah ini pertanda keruntuhan kemilau emas, atau hanya semacam profit taking, atas ke naikan harganya beberapa tahun terakhir.

bagi gold trader online, hal ini tentu tidak menjadi masalah, karena mereka selalu bisa mendapat keuntungan dari setap pergerakan harga emas, naik atau turun. kecuali orang tidak lagi memperdagangkan emas secara online.

kalau dilihat secara teknikal, dari TF yearly, terlihat emas sudah didominasi oleh seller, sehingga kecenderungan turun lebih tajam makin terbuka, hal ini bisa dibaca dari posisi MA quarterly yang berada di bawah MA/balance yearly, alias medium down trend yearly TF

sedangkan pada TF quarterly, terlihat mulai ada buyer pada TF ini, namun kecenderungan ini kembali melemah, dimana terlihat MA/balance monthly yang semula telah berada di atas sd-1 BB quarterly, kembali mengarah ke bawahnya, dan kalau minggu depan posisinya sudah di bawah sd-1 BB quarterly maka kondisinya akan menjadi strong down trend quarterly TF

pada TF monthly kondisinya tidak jauh berbeda dengan TF quarterly, lebih ke bawah lagi, pada TF weekly kondisinya benar-benar sudah strong down trend, karena MA/balance daily berada di bawah sd-1 BB weekly.

kesimpulan apa yang dapat kita ambil dari keempat kondisi time frame di atas ? secara bulat tentu anda akan mengatakan kondisi pergerakan harga emas sedang strong down trend, betul sekali, namun sampai dimana batasannya ? bisa sampai 1400, 1300, 1200 bahkan 1000/troy onz, secara pasti tidak ada yang tahu, kecuali Tuhan...

kalau kita perhatikan teori demand dan supply, perhatikan gold chart, maka titik pengamatan akan kita fokuskan pada range level 1477-1462, selagi kedua level ini masih menahan laju penurunan emas, ada kemungkinan harga untuk naik kembali, dan sekiranya level ini tertembus kemungkinan penurunan lebih lanjut.

intinya, jangan terpaku pada gambaran ini, fokus day trading adalah tetap mengamati pergerakan harian, dan trading sesuai trend yang sedang berjalan.(abi)

semoga bermanfaat dan sukses

0 komentar:

Post a Comment